Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Anggota Koramil Jaken Komsos dengan Petani

(Foto: Babinsa Desa Srikaton Kecamatan Jaken lakukan Komsos dengan petani di desa setempat)

Kabarpatigo.com - JAKEN - Guna mendukung program ketahanan pangan Nasional, Babinsa jajaran Koramil 16/Jaken Kodim 0718/Pati aktif melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan para petani di desa binaan, Rabu (15/5/24).

Kegiatan komsos serta silaturahmi yang dilaksanakan Serda Siswanto Babinsa Srikaton kecamatan Jaken merupakan salah satu tupoksinya yang notabene seorang Bintara Pembina Desa.

Baca Juga: Pemkab Pati Serahkan Tanah Hibah untuk Polresta, TNI AD dan AL

Baca Juga: Pimpinan Laskar Pragola, H. Munaryo Siap Sosialisasi dan Menangkan Saiful Arifin Menjadi Bupati Pati Periode 2024-2029

Baca Juga: Produksi "SUSU ETAWAMU", Pemuda Muhammadiyah Tlogowungu Siap Kolaborasi dengan UMKM Warga Muhammadiyah

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengetahui kondisi wilayah serta pembinaan khususnya bidang pertanian yang akhir-akhir ini digalakkan pemerintah tentang ketahanan pangan.

Menurut Babinsa, pertanian di desa binaannya saat ini yang memasuki musim kemarau ada berbagai jenis tanaman yang ditanam oleh petani di wilayah tersebut.

Baca Juga: Sebanyak 160 Peserta Ikuti Tes CAT untuk Panwascam di Pati

Dengan kondisi tanah tadah hujan, para petani mengandalkan system pompanisasi yang berasal dari sumur bor.

“Banyak jenis tanaman yang saat ini ditanam di desa Srikaton, diantaranya tanaman sayur, serta tanaman hortikultura lainnya dengan mengandalkan irigasi dari sumur bor,” ungkap serda Siswanto.

“Selain tanaman hortikultura, ada juga tanaman padi. Namun untuk tanaman padi kalau musim kemarau tidak begitu banyak, ini disebabkan minimnya pengairan yang tersedia. Pasalnya untuk tanaman padi tergolong kebutuhan air cukup tinggi sehingga hanya yang memiliki sumur bor yang memiliki sumber air besar yang memilih tanam padi,” tandasnya.

Ia menyebut sejauh ini ketersediaan air masih memadai, dan Ia berharap musim kemarau tahun ini tidak panjang sehingga produksi tanaman pangan khususnya padi bisa ditingkatkan. (red)

Komentar