Memperkuat Ideologi Kader, MPK SDI Pati Gelar Baitul Arqam

(Foto: pelaksanaan Baitul Arqam yang diselenggarakan MPI SDI Muhammadiyah Pati di Jollong, 25 Jun 2024)

Kabarpatigo.com - KUDUS - Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati terus melangkah memperkuat sumber daya insani melalui program perkaderan formal Baitul Arqam.

Setelah beberapa waktu lalu telah terselenggaranya Baitul Arqam dengan peserta Kepala dan Wakil Kepala Sekolah Muhammadiyah se Kabupaten Pati, kali ini selenggarakan Baitul Arqam Guru dan Tenaga Kependidikan secara bertahap.

Diawali Baitul Arqam untuk Guru dan Tenaga Kependidikan dilingkungan SD Muhammadiyah Pati (SD MUHATI).

Baca juga: Bertepatan Milad Aisyiyah, Muhammadiyah Gembong Dikukuhkan PDM Pati

Baca juga: Persiapan Matang, Modal Siswa MIM Tambaharjo Raih Juara Umum Kejurda IV Tapak Suci se Kabupaten Pati

Kegiatan ini sebagai implementasi dari Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari Kepala dan Wakil Kepala Sekolah pasca Baitul Arqam. RTLnya adalah setiap Kepala Sekolah sebagai alumni Baitul Arqam wajib selenggarakan Baitul Arqam internal Amal Usahanya bagi Guru dan Tenaga Kependidikan.

Baca juga: Ikuti Panjat Tebing Tingkat Nasional di Yogya, Siswa MIM Tambaharjo Raih Medali Emas

Kali ini SD Muhati selenggarakan Baitul Arqam selama 2 hari Selasa-Rabu, 25-26 Juni 2024 di Taman Sardi Kudus.

Sangat menarik dalam kegiatan kali ini, diikuti juga tukang masak, driver antar jemput, dan tenaga kebersihan/penjaga sekolah dengan jumlah peserta 45 orang.

Baca juga: Program Riil Sebagai Wujud Solusi Perkuat JATAM Pati

Baitul Arqam dibuka oleh Ketua PDM Pati Muhammad Luqman, S.Pd., dan dihadiri Koordinator MPKSDI H. Taufiq, S.Mn.,MM, Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan PNF Drs. Sutowo, M.Pd dan para Instruktur MPKSDI PDM Pati yang mendampingi selama kegiatan.

Kegiatan Baitul Arqam adalah kegiatan yang wajib diikuti seluruh pegawai persyarikatan, sebagai bagian dari proses kaderisasi. Untuk memahamkan, memantapkan ideologi persyarikatan agar Al Islam dan kemuhammadiyahan senantiasa terlaksana sehari hari sebagai Branding utama semua AUM.

Baca juga: Bicara Anak Yatim, Muhammadiyah: Menjadi Anak Yatim Tidak Boleh Menjadi Generasi Peminta-minta

Kader persyarikatan tidak cukup hanya dengan memiliki NBM, melainkan mereka wajib terpanggil jiwanya untuk melibatkan diri dalam aktifitas perjuangan dan dakwah persyarikatan di lingkungan masing-masing baik di Daerah, PCM, PRM, ORTOM dan AUM.

"Jika sudah berniat untuk berhidmad dalam persyarikatan, jangan setengah hati dan sekedar formalitas tapi benar-benar yg totalitas. Sudah sepantasnya setiap Guru dan Tenaga Pendidikan sebagai pelaksana di Institusi Amal Usaha Muhammadiyah untuk memperkuat jati dirinya di Muhammadiyah, sesuai tema Baitul Arqam "Meneguhkan Ideologi Muhammadiyah Wujudkan AUM Unggul dan Berkemajuan". Agar dapat mengemban visi dan misi persyarikatan Muhammadiyah.," ujar Muh. Luqman, S.Pd.

"Kami sangat berterima kasih atas kegiatan ini, apalagi dengan lokasi yang menarik, bisa sambil liburan, hal ini sangat membantu majelis dikdasmen dalam memperkuat kualitas dari guru dan tenaga kependidikan. kami berharap kegiatan sinergi ini terus istiqomah untuk dilakukan," kata Drs. Sutowo, M.Pd.

Materi Baitul Arqam kali ini meliputi Muqaddimah AD Muh, Revitalisasi Pendidikan Muh, Manajemen Organisasi dan Akhlaq Bermuhammadiyah, PHIWM, Tuntuan Ibadah sesuai Keputusan Tarjih Muh, Metode memahami Islam dalam Muhammadiyah dan Outbond dengan dipandu para ahli dibidangnya dan Instruktur MPKSDI dan dilengkapi dengan kegiatan Fathul Qulub, Qiyamul lail dan kegiatan penunjang lainnya.
Kegiatan ini diakhiri dengan sambutan Koordinator MPKSDI dan Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Pati dengan hasil kelulusan "memuaskan" lulus semuanya.

"Peserta juga telah menyepakati Rencana Tindak Lanjutnya. ada RTL secara pribadi berupa wajib hadir dalam setiap kajian dicabang/ranting Muhammadiyah terdekat lokasi domisli secara rutin, sedangkan RTL kelembagaan berupa wajib adanya kajian khusus penguatan ideologi Muhammadiyah setiap bulan di Amal Usaha SD Muhati," terang Taufiq, S.Mn.M.M.

Baitul Arqam akan terus dilaksanakan secara bertahap dalam periode ini disemua Amal Usaha Muhammadiyah, Unsur Pembantu Persyarikatan, Organisasi Otonom, Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah.

"Hal ini juga sebagai tindaklanjut dari Key Performance Indikator (KPI) dalam Program Kerja Muhammadiyah Pati periode 2022-2027. Selanjutnya bulan berikutnya akan disusul Amal Usaha Muhammadiyah lainnya yang sudah siap menjadwalkan kegiatan serupa seperti AUM diCabang Tayu 27-28 Juni 2024 dan AUM dicabang Sukolilo pada bulan Agustus 2024," pungkasnya. (tfq

Komentar