Program Riil Sebagai Wujud Solusi Perkuat JATAM Pati

(Foto: ketua MLH Jateng DR. Sobri memaparkan hasil penelitian kepada penggerak JATAM Pati, Sabtu 29 Jun 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - Jamaah Tani Muhammadiyah (JATAM) Pati kembali memperkuat arah perjuangannya berkumpul yang ke-4 kalinya. Saat ini JATAM bertemu di lokasi Integrated Farming Solution Tlogowungu (Bio Reaktor Kapal Selam) DR. Sobri di Langse, Sabtu (29/6/24).

Pertemuan kali ini dihadiri oleh segenap penggerak Jama’ah Tani Muhammadiyah Pati dan Koordinator bidang Lazismu PDM Pati sekaligus sebagai Ketua Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Jateng.

Baca juga: Pesan Ketua Umum PP Muhammadiyah: Dari Bandung untuk Indonesia

Baca juga: Bertepatan Milad Aisyiyah, Muhammadiyah Gembong Dikukuhkan PDM Pati

Baca juga: Persiapan Matang, Modal Siswa MIM Tambaharjo Raih Juara Umum Kejurda IV Tapak Suci se Kabupaten Pati

"Salah satu agenda pertemuan kali ini adalah wujudkan unit usaha JATAM Pati yang bergerak di sektor riil untuk membantu para petani dan peternak di Kabupaten Pati. JATAM Pati berharap dapat memberikan manfaat untuk membantu para petani dan peternak, sehingga dibutuhkan unit usaha JATAM," ujar Ketua JATAM Pati Budiyono.

Baca juga: Ikuti Panjat Tebing Tingkat Nasional di Yogya, Siswa MIM Tambaharjo Raih Medali Emas

Baca juga: Memperkuat Ideologi Kader, MPK SDI Pati Gelar Baitul Arqam

Setiap pertemuan JATAM diikuti dengan banyaknya masukan mulai dari program mandiri tani hingga peternakan. Akhirnya untuk langkah awal disepekati adanya simpanan pokok untuk keberlangsungan JATAM.

DR. Sobri yang ketempatan pertemuan kali ini, mengatakan Lahan dan sarana prasana yang ada di Integrated Farming Solution ini silahkan untuk digunakan sebagai sarana pengembangan program kerja JATAM Pati bersinergi dg Majelis Lingkungan Hidup dan Lazismu.

Bahkan dapat juga sebagai pusat pelatihan dan sosialisasi dari JATAM Pati. JATAM sebagai komunitas baru di Muhammadiyah memiliki peran penting dalam program pemberdayakan cabang ranting Muhammadiyah.

"Banyak potensi garapan yang bisa dilakukan oleh JATAM baik internal maupun eksternal Muhammadiyah, maka perlu difokuskan terlebih dahulu satu dua program riil dan lakukan sinergi dengan Majelis/Lembaga terkait di Muhammadiyah," jelas Ketua Kwarwil HW Jateng.

Selanjutnya akan dilakukan pertemuan dengan Lazismu dan pihak terkait untuk mensinergikan program kerja JATAM dibawah Majelis Pemberdayaan Masyarakat. (tfq)

Komentar

  1. Mantap, perlu selalu di dorong dr segala lini masyarakat untuk swasembada pangan, ternak, perikanan, perkebunan serta kelestarian alam yg berkelanjutn

    BalasHapus

Posting Komentar