Berantas Hama Tikus, Babinsa Koramil Jakenan Bantu Petani Bangun Rubuha

(Foto: Bersama Petani Desa Tondomulyo Babinsa bangun rubuha, Sabtu 13 Jul 2024)

Kabarpatigo.com - JAKENAN - Petani Desa Tondomulyo Kecamatan Jakenan kabupaten Pati memanfaatkan Burung Hantu untuk membantu berantas hama tikus, Sabtu (13/7/224).

Pasalnya, burung hantu merupakan salah satu musuh alami hama tikus yang dirasa cukup efektif melawan hewan pengerat musuh petani.

Selain efektif, dengan memanfaatkan burung hantu tidak akan menimbulkan efek pencemaran lingkungan serta aman bagi lingkungan.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Polresta Pati Gelar Operasi Patuh Candi 2024

Baca juga: Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Berlalu Lintas, Sekda Pati Dukung Penuh Operasi Patuh Candi 2024

Kegiatan tersebut juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat khususnya petani padi di wilayah tersebut agar secara bertahap meninggalkan cara lama yang sering digunakan diantaranya menggunakan setrum, dan racun tikus maupun obat kimia lainnya.

Baca juga: Prof Gunarto, Rektor Unissula Terpilih sebagai Ketua Umum ICMI Orwil Jateng

Baca juga: Menelusuri Sejarah Berdirinya Pati, Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia Pati Gelar Napak Tilas

Baca juga: Bersama Petani Desa Sukobubuk, Kodim Pati Panen Jagung

Dengan membangun Rubuha (Rumah Burung Hantu) yang ditempatkan di dekat lahan persawahan, harapannya rubuha tersebut digunakan sebagai sarang pada siang hari, karena burung hantu termasuk hewan nokturnal yang melakukan aktivitas mencari makan pada malam hari.

Gerakan masal pembuatan rubuha dihadiri oleh Plh. Danramil 05/Jakenan diwakili Bati Tuud Peltu Mardani beserta Babinsa, Kabid TPH (Tanaman pangan dan hortikultura) Sugiharto,  S.P, BPT (Bidang perlindungan tanaman).

Dan turut hadir pula Tutik Wuryani, S.P, LPHP(Labolatorium pengamat hama dan penyakit) Edi Widioko, S.P, Koordinator PPL Cholil Anwar, kepala desa Tondomulyo Nur Yahya, S.Kom, PPL Tondomulyo Heri Susanto dan Ketua kelompok tani Tondomulyo. (red)

Komentar