Operasi Katarak Gratis, Rangkaian Milad ke-9 RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah

(Foto: Bakti Sosial RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah dengan Operasi Katarak Gratis, Sabtu 20 Jul 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati melanjutkan aksi sosial tahunan dengan mengelar operasi katarak gratis bagi kalangan yang membutuhkan.

Gelaran bakti sosial ini merupakan rangkaian acara Milad ke-9 Rumah Sakit, dengan melibatkan puluhan penerima tindakan operasi katarak yang berasal dari Kabupaten Pati dan sekitarnya.

Baca juga:

Baca juga: MPLS Wujud Penyambutan SMP Muhammadiyah 1 Pati dalam Sambut Siswa Baru

Baca juga: Selamat Datang Siswa Baru, Dan Semangat Baru untuk Seluruh Keluarga Besar SMP Muhamadiyah 1 Pati

Penglihatan yang hilang akibat katarak menyebabkan turun bahkan lenyapnya produktivitas seseorang. Sebab penderitanya harus bergantung pada orang lain untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Baca juga: Banyak Perusahaan Asing Berdiri, Keberadaan WNA di Pati Raya Meningkat

Baca juga: Evaluasi Pendapatan Daerah Triwulan ke II Tahun Anggaran 2024, Pemkab Pati Gelar Rakorpok

Padahal kebutaan akibat katarak tergolong kondisi yang dapat direhabilitasi. Dan sayangnya beberapa orang tidak memiliki kesempatan akses untuk tindakan yang memadai.

Karenanya RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah menggandeng sejumlah pihak seperti Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) Jawa Tengah, Kementerian Sosial melalui Sentra Margo Laras untuk bersinergi dan turut peduli kepada mereka agar kembali mendapatkan penglihatan dan hidup yang produktif.

“Alhamdulillah, dari 40 pendaftar operasi katarak telah kita lakukan skrining oleh Dokter Spesialis Mata kami dr.Hapsari, Sp.M. Kemarin ada 19 peserta yang lolos skrining dan selesai kita lakukan tindakan operasi katarak hari ini,” ucap dr. Satya selaku Direktur Utama RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati, Sabtu (20/7/24).

Kedepan pihaknya berharap program operasi katarak ini dapat menyentuh dan membawa manfaat kepada lebih banyak masyarakat, utamanya yang belum tercover oleh jaminan kesehatan.

“Semoga kita semua selalu dapat memberikan pelayanan kesehatan yang profesional dengan selalu mengedepankan mutu dan keselamatan pasien, sehingga mampu menjawab kebutuhan serta harapan masyarakat akan pelayanan yang lebih baik, aman, dan nyaman," pungkas dr. Satya. (red)

Komentar