Sempat Diragukan "Golden Generation" Habis, Tim Matador Bangkit di Piala Eropa 2024

(Foto: pemain Spanyol saat merayakan gol di pertandingan Piala Eropa 2024)

Kabarpatigo.com - Tim Matador, mungkin menjadi tim kejutan yang tidak pernah disangka masuk ke Final Euro 2024 kali ini.

Betapa tidak, pasukan Luis De La Fuente sendiri dari awal Turnamen tidak pernah masuk kandidat Juara Euro tahun ini.

Bahkan menurut banyak pengamat Inggris, Prancis, Jerman, Portugal dan Belanda menjadi calon kandidat Juara di Euro 2024 saat sebelum Turnamen Antar Negara Benua Biru tersebut akan bergulir.

Belum lagi ketika melihat kegagalan Spanyol di Piala Dunia 2022 lalu ditangan Luis Enrique, menambah pesimisme pecinta sepakbola memilih Spanyol menjadi Kandidat Juara dengan habisnya "Golden Generation".

Baca juga: EURO 2024 Berakhir, Kapan EURO 2028 dan Dimana ?

Tim Matador yang pernah Familiar dengan era Kejayaan memenangkan Euro 2008 dan berhasil mempertahankannya di Euro 2012 dengan mayoritas skuadnya pada saat itu berasal dari Klub Real Madrid dan juga Barcelona.

Bahkan ditambah pelatih yang menahkodai La Furia Roja berasal dari Tim Pelatih Junior Spanyol dan belum terlalu dikenal 'track recordnya' baik menangani klub di Liga Spanyol, maupun menjadi Pelatih Timnas Senior.

Baca Juga: Ini Alasan Perebutan Peringkat Ketiga di Piala Eropa Tidak Digelar

Namun Perlahan tapi Pasti, Luis De La Fuente membangkitkan kembali gairah Timnas Spanyol dengan memenangkan Trofi UEFA Nations League 2022/2023 silam.

Puncaknya, dia mengantarkan Tim Matador ke Partai Final Euro 2024 kali ini dengan pemain-pemain yang merata dan tak lagi di dominasi oleh pemain-pemain dari dua raksasa klub Liga Spanyol Real Madrid maupun Barcelona.

De La Fuente Berani mengambil resiko dengan memainkan duet Robin Le Normand bek kurang Familiar dan Aymeric Laporte yang sudah dibuang di Manchester City bahkan hanya merumput di Liga Arab Saudi. 

Siapa yang menyangka Trio Gelandang Spanyol yakni Fabian Ruiz, Pedri dan Rodri yang membawa warna baru gelandang yang Agresif, tenang dalam penguasaan bola, dan mampu bertahan dengan sama baiknya. Belum lagi Danni Olmo yang bisa menjadi pembeda.

Luis De La Fuente pun berhasil menyatukan pendukung Barcelona maupun Real Madrid dengan momen umpan Lamine Yamal ke Danni Carvajal yang membuat bek asal Real Madrid tersebut memuji Yamal sebagai aset terbaik Spanyol meskipun dia berada pada kubu Rival.

Jikapun gagal pada Euro 2024 kali ini, setidaknya De La Fuente sudah mengembalikan gaya bermain Spanyol dan mempunyai pakem yang jelas dengan Penguasaan Bola, Agresif membantu pertahanan maupun menyerang, Counter Attack yang berbahaya. Dan kekompakan tiap lini sama baiknya dari pemain inti dan pemain cadangan.

Spanyol tinggal menemukan Striker haus gol seperti David Villa dan Fernando Torres, maka akan bisa berbicara banyak di Piala Dunia 2026 mendatang..(red)

Komentar