Siswa SMP Muhammadiyah 1 Pati Dilatih Bermain Ketoprak

(Foto: siswa SMP Muhammadiyah 1 Pati sedang berlatih ketoprak untuk mengikuti program GSMS di aula sekolah)

Kabarpatigo.com - PATI - Siswa Siswi SMP Muhammadiyah 1 Pati beberapa hari ini sejak awal masuk sekolah terlihat sibuk berlatih bermain drama Ketoprak di aula sekolah.

Latihan seni drama Ketoprak ini merupakan salah satu program Gerakan Seni Masuk Sekolah (GSMS) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Taufiq Harno selaku asisten pembina dalam kegiatan GSMS dengan membina siswa berlatih seni drama tradisional ketoprak.

Baca juga: Melibatkan Donatur dari Perusahaan di Pati, Lazismu Kembali Gelar Muharram Ceria

Baca juga: DPRD Pati Gelar Public Hearing, Bahas Perlindungan Pelaku Perikanan dan Garam

Ia menyampaikan dalam memilih dan menentukan siswa untuk berlatih, siswa terlebih dahulu dikumpulkan dan diberi arahan untuk memilih sesuai bakat yang dimilikinya. Kemudian terpilih kurang lebih sebanyak 25 siswa untuk dapat mengikuti program latihan seni drama Ketoprak.

"Anak-anak yang ikut latihan drama Ketoprak bukan ditunjuk, namun sebelumnya dipilih sesuai bakat oleh Pembina," jelas Taufiq Harno selaku asisten pembina dalam GSMS SMP Muhammadiyah 1 Pati.

Baca juga: Muhammadiyah Pati Kota Renovasi dan Perbaiki Gedung Dakwah Muhammadiyah

Tujuan GSMS ini untuk mensosialisasikan kesenian. Tak hanya dalam bentuk teoritis, akan tetapi langsung bisa mempraktekkan. Selain itu anak diperkenalkan tentang budaya seni tradisional.

Kegiatan ini diharapkan anak mampu megenali dan mengetahui budaya tradisional. Ya minimal anak mampu menjaga subo sito (tindak tanduk) dan tata krama di lingkungannya yang mulai terkikis," ucap Sarwi pembina yang ditunjuk Kemdikbud untuk membina siswa SMP Muhammadiyah 1 Pati, Rabu (31/7/24).

Sarwi dalam membina dan melatih optimis dan akan berusaha yang terbaik untuk membawa siswa binaannya menjadi yang terbaik dan berprestasi.

"Saya ditugasi dalam kegiatan GSMS ini di SMP Muhammadiyah 1 Pati, saya akan berusaha semaksimal membawa anak-anak tampil maksimal dan meraih prestasi untuk bisa pentas di jenjang yang lebih besar," harapnya.

Penunjukkan SMP Muhammadiyah 1 Pati ini merupakan dari 20 sekolah SMP dan SD yang diterima Kemendikbud untuk mengikuti program GSMS, sebelumnya ada 50 sekolah yang mendaftar, namun yang diterima 20 sekolah, salah satunya SMP Muhammadiyah 1 Pati.

Menurut Sarwi, rencana pementasan dari program GSMS ini akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober mendatang di GOR Pesantenan Pati. (aa)

Komentar