Berikut Ini Logo dan Tema Hari Jadi ke-701 Kabupaten Pati!

(Foto: logo dan tema Hari Jadi ke 701 Kabupaten Pati)

Kabarpatigo.com - PATI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Pati, telah merilis logo hari ulang tahun (HUT) ke-701 Kabupaten Pati sebagai identitas peringatan tahun ini.

Pada peringatan HUT ke-701 Kabupaten Pati, Pemkab mengusung tema “Bergerak Bersama untuk Pati Maju dan Sejahtera”. Serta logo yang secara visual memiliki arti dan makna tersendiri.

Kepala Bagian (Kabag) Prokompim Setda Kabupaten Pati, Sugiharto mengungkapkan arti dan makna dari tema yang diusung pada peringatan Hari Jadi ke-701 Kabupaten Pati.

Baca juga: Festival Wangi Pradesa, Menambah Kemeriahan Peringatan Hari Jadi ke 701 Kabupaten Pati

Baca juga: Bersama Mahasiswa, Lazismu Pati Salurkan Program Pengabdian Masyarakat di Desa Sarimulyo Winong

“Bergerak Bersama”, terinspirasi dari salah satu elemen pada lambang daerah Pati yang sudah disahkan dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 1 Tahun 1971, yakni simbol rantai yang bermakna kerukunan,

“Di mana jika segala sesuatu dilakukan bersama dengan semangat kerukunan maka akan lebih efektif dan efisien dalam mencapai hasil yang diharapkan," ungkapnya saat ditemui, Senin (5/8/24).

“Pati Maju”, peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati ke-701 kali ini diharapkan akan menjadi sebuah momentum bagi Pemkab untuk melangkah maju ke arah yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Bawaslu Pati Temukan 12 Pantarlih Tercatat Anggota Parpol

Baca juga: Kemeriahan Lomba dan Kegiatan Agustusan RT 14 RW 2 Desa Sarirejo Pati Sudah Dimulai

“Sejahtera”, kata Sejahtera, dilatarbelakangi oleh RPJPD Kabupaten Pati 2005-2025, di mana pada dokumen itu, disebutkan bahwa visi pembangunan jangka panjang Kabupaten Pati adalah “Pati Bumi Mina Tani Sejahtera”.

Sedangkan indikator kesejahteraannya menurut buku publikasi BPS Kabupaten Pati yang berjudul “Indikator Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Pati” (dirilis Januari 2024), indikator sejahtera dapat dilihat dari tingkat kemiskinan, kesehatan, dan pendidikan masyarakat.

“Untuk makna logo HUT ke-701 Kabupaten Pati, merupakan sebuah identitas, visual untuk merayakan hari jadi ke-701 Kabupaten Pati. Adapun logo ini menggambarkan semangat Pemkab untuk mengelola sumber daya yang ada dengan terus meningkatkan sinergitas antar elemen masyarakat demi kemajuan Kabupaten Pati," jelasnya.

Filosofi warna, hijau adalah warna alam yang melambangkan keseimbangan, kedamaian dan keberlanjutan.

Warna Biru, dikaitkan dengan kedalaman, kestabilan dan kepercayaan. Warna Orange, dikaitkan dengan energi, semangat dan kehangatan.

Lengkungan pada bagian 7, membentuk lengkungan menyerupai daun, mencerminkan Kabupaten Pati sebagai wilayah yang subur dan penuh sumber daya potensial.

(Foto: Supriyanto, SH anggota DPRD Jateng)

Elemen pada bagian 0, berasal dari gabungan elemen lengkungan yang saling berkait dan bersinergi.

Ini juga seirama dengan semangat “Bergerak Bersama” yang ada dalam tema hari jadi kali ini.

Ini suatu bentuk penggambaran sinergitas yang sangat erat diantara seluruh elemen masyarakat Pati dalam mewujudkan visi pembangunan jangka panjang Kabupaten Pati.

Sedangkan elemen pada bagian 1, membentuk lengkungan menyerupai simbol air. Karena air melambangkan keberlimpahan dan kehidupan yang terus mengalir ke arah yang lebih baik di Kabupaten Pati.

Secara keseluruhan, logo ini mencerminkan tekad dan cita-cita kita bersama untuk menjadikan Pati yang lebih maju dan sejahtera. Logo ini merupakan simbol dari perjalanan panjang, kerja keras, dan dedikasi semua warga Kabupaten Pati. Mari kita terus bergerak bersama, berkolaborasi, dan berinovasi demi masa depan yang lebih cerah," pungkasnya. (seputarmuria)

Komentar