Optimalkan Pompa Air, Wamentan: Prospek Baik, Potensi Mengairi Lebih dari 1000 Hektar Lahan

(Foto: Kunjungan Wamentan Sudaryono ke Pati)

Kabarpatigo.com - SUKOLILO - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia, Sudaryono, melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Jumat (2/8/24).

Kunjungan ini didampingi oleh Aster Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Lukman Hakim, S.Si., M.Tr.(Han) bersama Dandim 0718/Pati Letkol Inf Jon Young Saragi, S.Sos. beserta Forkopimda Pati dan para pejabat terkait.

Baca juga: Kesiapan Realisasi Program Makan Bergizi Presiden Terpilih, Kementan Dapat Apresiasi dari Ketua MPR RI

Salah satu agenda kunjungan Wamentan adalah meninjau stasiun pompa Tambakromo yang berlokasi di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.

Di tempat ini terdapat enam pompa besar yang dibangun pada tahun 1991 dan telah digunakan kembali sejak dua tahun yang lalu.

Baca juga: Pati Hari Ini Diperkirakan Potensi Berawan Tebal Hingga Malam Hari

Baca juga: Unik, Masjid di Pati Bergaya Arsitektur Gotik Khas Eropa

Pompa air ini sebelumnya tidak dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama dan baru difungsikan kembali pada tahun 2017.

Wamentan mengungkapkan bahwa pompa ini memiliki prospek yang sangat baik, dengan potensi mengairi lebih dari 1000 hektar lahan.

Baca juga: Dandim Pati Dampingi Kunjungan Kerja Wamentan RI di Wilayah Kabupaten Pati

Jika dapat dilakukan panen tiga kali setahun, maka akan ada tambahan areal tanam seluas 3000 hektar yang bisa dimanfaatkan.

Wamentan menambahkan bahwa pihaknya telah menginstruksikan kepala dinas di jajarannya untuk membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) terkait pengelolaan pompa tersebut.

Selain itu, sudah ada koordinasi terkait debit air yang cukup sesuai dengan kesepakatan, sehingga air dapat dipompa dan dimanfaatkan untuk petani di tiga kecamatan dan 10 desa.

“Kita sudah ada koordinasi di tingkat kabupaten. Tinggal nanti ada perbaikan sedikit, yang penting air mengalir sampai jauh dan bisa dimanfaatkan untuk petani kita,” ujar Wamentan.

Dandim 0718/Pati, Letkol Inf Jon Young Saragi, S.Sos., juga menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh program ketahanan pangan nasional dengan mengerahkan seluruh potensi serta personel jajarannya yang tersebar di 21 Koramil.

Pihaknya juga telah mendistribusikan alat dan mesin pertanian (Alsintan), berupa mesin pompa air bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia, kepada kelompok tani yang membutuhkan.

“Kami, khususnya jajaran Kodim 0718/Pati, sejauh ini telah mengerahkan segenap kemampuan serta personel untuk bersinergi bersama pihak terkait dalam mensukseskan program ketahanan pangan nasional dengan sistem pompanisasi serta perluasan areal tanam untuk meningkatkan hasil panen tanaman pangan di wilayah Kabupaten Pati,” jelas Dandim.

Mengakhiri agenda kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Pati, Wamentan RI juga berkunjung ke Balai Pengujian Standar Instrumen (BPSI) Lingkungan Pertanian yang berlokasi di Kecamatan Jaken.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Pati dan sekitarnya. (red)

Komentar