Pengajian Bersama Pimpinan Muhammadiyah Sleman, DR. Tafsir: Dakwah Lewat Kekuasaan Sangat Penting

(Foto: KH. Tafsir di tengah-tengah jamaah Muhammadiyah Sleman di gedung lantai 3 Sekda Sleman, Minggu 25 Agu 2024)

Kabarpatigo.com - SLEMAN - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sleman menggelar Pengajian yang bertempat di aula lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman pada Minggu (25/8/24).

Pengajian Pimpinan kali ini dihadiri oleh Pimpinan PDM, PDA, Pimpinan Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah baik tingkat Daerah, Cabang serta Ortom, kegiatan ini diikuti sekitar 135 orang Pimpinan yang terdiri dari PDM, PCM, PCA, PM, NA, BKS se Muhammadiyah Sleman.

Dalam kesempatan itu hadir Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I.Y Dr.Muh Ikhwan Ahada,M.Ag serta Dr. Tafsir,S.Ag.,MA memberikan materi dalam kegiatan tersebut.

Dr. Ikhwan Ahada dalam kesempatan kali ini menyampaikan bahwa GJDJ (Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah)  yakni usaha Muhammadiyah untuk membina sekelompok orang atau keluarga yang tempat tinggalnya saling berdekatan dengan Komponen GJDJ terdiri dari pamong atau pembina jamaah, anggota jamaah, dan aktivitas dakwah.

Oleh karenanya harus diterjemahkan dengan memperluas dakwah secara makro sehingga Islam harus hadir berdiaspora dalam semua lini kehidupan kekinian.

Baca juga: Pilgub Jateng 2024, Golkar Keluarkan Rekom Luthfi -Gus Yasin

Berikutnya Muhammadiyah di Cabang dan Ranting diharapkan berkreasi dengan dakwah komunitas, sesuai dengan kondisi Cabang dan Ranting masing-masing serta  Cabang dan Ranting selalu melaksanakan dakwahnya dengan berpegangan Risalah Islam Berkemajuan (RIB).

Sementara pencerahan dari Ketua PWM Jateng DR. Tafsir menekankan betapa Definisi fiqih yang berkembang selama ini perlu ditata ulang, karena masyarakat yang sudah kuat kulturnya sulit menerima perubahan pemahaman.

Dakwah lewat kekuasaan sangatlah penting, karena lebih luas jangkauannya dan lebih tinggi daya pengaruhnya terhadap rakyat/masyarakat," tambah Tafsir.

Selain itu dakwah lewat pilar pendidikan dan pilar kesehatan relarif sudah cukup, tapi dakwah lewat pilar Ekonomi masih sangat kurang, maka kedepan dakwah melalui pilar ekonomi ini harus ditingkatkan. (pdmSleman)

Komentar