Pilgub Jateng 2024, Golkar Keluarkan Rekom Luthfi -Gus Yasin

(Foto: Calon Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin memegang rekom dari ketua DPD Partai Golkar Jateng, Panggah Susanto yang didampingi bendahara DPD Golkar Jateng M. Saleh dan ketua pemenangan DPP Partai Golkar, Iqbal Wibisono)

Kabarpatigo.com - SEMARANG - Partai Golkar memastikan akan mengusung pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maemoen atau Gus Yasin pada kontestasi Pilgub Jateng 2024.

Adapun putusan ini diambil seusai Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengadopsi aturan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam Peraturan KPU atau PKPU.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Golkar wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng-DIY), Iqbal Wibosono, mengatakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pengarep, batal diusung menjadi wakil gubernur Jateng bersama Ahmad Luthfi.

Baca juga: Pengajian Bersama Pimpinan Muhammadiyah Sleman, DR. Tafsir: Dakwah Lewat Kekuasaan Sangat Penting

Sebab, usia putra bungsu Presiden Joko Widodo itu belum genap 30 tahun saat masa pendaftaran Pilgub Jateng 2024 atau pada 27-29 Agustus nanti.

“Alasannya [batal jadi wakil gubernur] karena Mas Kaesang terganjal aturan MK,” beber Iqbal diambil dari Solopos.com, Minggu (25/8/24) petang.

Baca juga: KPU Pati Umumkan Jadwal Pendaftaran Paslon Pilkada 2024

Baca juga: Usai Resmi Jadi Ketum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia Umumkan Pengurus Partai Golkar periode 2024-2029

Oleh karena itu, kursi wakil Gubernur Jateng akan diberikan kepada Taj Yasin Maemoen. Mantan Gubernur Jawa Tengah periode 2019-2024 dipastikan akan berpasangan dengan Mantan Kapolda Jateng, Komjen Pol. Ahmad Luthfi.

Golkar nanti malam akan berikan rekomendasi kepada Taj Yasin di Jakarta sebagai wakil gubernur. Sementara Pak Luthfi sebagai gubernur. Jadi sudah final, KIM [Koalisi Indonesia Maju] akan usung Ahmad Luthfi-Taj Yasin,” katanya.

Adapun alasan dipilihnya Taj Yasin sebagai wakil gubernur, terang Iqbal, karena dinilai sebagai tokoh yang memiliki pengaruh besar di Jawa Tengah.

Selain itu, Taj Yasin merupakan calon DPD perwakilan Jateng yang mendapatkan suara terbanyak saat Pemilu pada Februari 2024 lalu.

“Taj Yasin merupakan tokoh besar juga mantan wakil gubernur Jateng. Ekstabilitas, popularitas bagus, seorang intelektual dan kiai. Jadi pas dengan Pak Luthfi, seorang nasionalis berpasangan dengan religius,” nilainya.

Diberitakan sebelumnya, selain Partai Golkar, Partai Gerindra juga memutuskan untuk mengusung mantan Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Komjen Pol Ahmad Luthfi berpasangan dengan mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin, pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Sudaryono.

“Partai Gerindra sudah secara resmi menyampaikan di suatu kesempatan untuk pendaftaran Pilgub Jateng di KPU akan mengusung pasangan Komjen Pol Ahmad Luthfi dengan Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin,” ujar pria yang karib disapa Mas Dar. (solopos.com)

Komentar