Pj Bupati Pati Dukung Berdirinya Museum Lokal di Pati

(Foto: Pj Bupati Pati Sujarwanto Dwiatmoko saat terima audiensi Pengurus Pusat Asosiasi Museum Indonesia di ruang Joyo Kusumo Pati, Rabu 28 Agu 2024)

Kanarpatigo.com - PATI - Pj Bupati Pati, Sujarwanto Dwiatmoko, memberikan dukungan  terhadap prakarsa berdirinya museum lokal di Kabupaten Pati, Rabu (28/824).

Hal ini disampaikannya saat melakukan audiensi dengan Pengurus Pusat Asosiasi Museum Indonesia (AMIDA) Jateng, aktivis-aktivis budaya, dan para tamu undangan lainnya di ruang Joyo Kusumo, komplek Kantor Bupati Pati.

Baca juga: Ketua Komisi II DPR RI, Doli Kurnia: Penyelesaian Penataan Non ASN Paling Lambat Desember 2024

Baca juga: Sekda Hadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Peluncuran Peta Kerawanan Pemilihan Serentak 2024

Baca juga: Asah Kemampuan, Dandim Pati Melaksanakan Latihan Menembak Pistol

Dalam audiensi tersebut, Sujarwanto menyampaikan pentingnya keberadaan museum bagi masyarakat. "Adanya museum untuk belajar dan menggali inspirasi," ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya melibatkan berbagai pihak dalam proses pendirian museum.

Baca juga: Penuh Keyakinan, Ketum "Penentu Arah" Dampingi Ahmad Luthfi - Taj Yasin Daftar ke KPU

Baca juga: Berlangsung Sakral Pelantikan 50 Anggota DPRD Pati Periode 2024-2029

"Nanti kita akan diskusikan dengan berbagai pihak untuk membuat museum yang bermakna dengan mengkaji persiapannya, termasuk konsepnya juga," imbuhnya.

Sujarwanto berharap museum yang akan dibangun nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas. "Apapun yang kita bangun harus ada manfaatnya," tegasnya.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai budaya lokal dalam pengelolaan museum. "Tata nilai harus dikedepankan dengan keunikan budaya," tandasnya.

Kehadiran museum lokal, sambung Sujarwanto, diharapkan dapat menjadi wadah pelestarian dan pengembangan budaya serta sejarah Kabupaten Pati.

Selain itu, museum juga dapat menjadi destinasi wisata edukasi yang menarik bagi masyarakat. (red)

Komentar