Sekda Pati Apresiasi Persiapan Pengamanan Pilkada dengan Digelarnya Simulasi Sispamkota

(Foto: Sekda Pati hadiri Simulasi Sispamkota di halaman Stadion Joyo Kusumo Pati, Rabu 21 Agu 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pati Jumani menghadiri Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang digelar Polresta Pati, Rabu (21/8/24).

Simulasi Sispamkota yang berlangsung di Stadion Joyo Kusumo ini merupakan upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, pada November mendatang.

Baca juga: Peringati Hari Jadi Pati ke 701 dan HUT RI, Kelenteng Hok Tik Bio Pati Adakan Bazar UMKM

Baca juga: Meriahkan HUT RI ke 79, Perhutani Pati Melepas Puluhan Burung

Kegiatan ini melibatkan sejumlah pihak penting, termasuk Sekretaris Daerah Kabupaten Pati, Jumani, serta jajaran Forkopimda, Anggota Dewan, KPU, Bawaslu, dan berbagai stakeholder lainnya.

Baca juga: Sarasehan Festival Rempah Dibuka Pj Bupati Pati di Pendopo

Baca juga: Usai Menang Aklamasi di Munas, Bahlil Lahadalia Resmi Jadi Ketum Golkar

Adanya simulasi ini untuk mengevaluasi kesiapan personel dan peralatan dalam menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada.

Mulai dari tahapan kampanye, hari pemungutan suara, hingga penghitungan suara, seluruh skenario potensi gangguan keamanan telah disimulasikan secara detail.

Baca juga: Cegah Radikalisme, Pj Bupati Pati Tekankan Pentingnya Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Sekretaris Daerah Kabupaten Pati, Jumani, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan simulasi Sispamkota.

"Saya mengapresiasi upaya Polresta Pati dalam mempersiapkan pengamanan Pilkada. Simulasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa kita siap menghadapi segala kemungkinan," ujar Jumani.

Ia juga memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Pati telah mengalokasikan anggaran yang cukup untuk mendukung kegiatan pengamanan tersebut.

"Terkait anggaran, kami sudah support full. Semua pihak terkait sudah mendapatkan anggaran sesuai dengan kebutuhannya," tegas Jumani.

Dalam simulasi tersebut, diperlihatkan bagaimana personel gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP, dan unsur keamanan lainnya berkoordinasi dalam menghadapi berbagai situasi darurat.

Mulai dari penanganan kerusuhan massa, pengamanan tempat pemungutan suara, hingga evakuasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah dan seluruh stakeholder, diharapkan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Pati dapat berjalan aman, lancar, dan demokratis. (red)

Komentar