Bersama Siswa MIM Wonorejo, Taman Pustaka Al Arqam Adakan "Sinau Bareng Aksara Jawa"

(Foto: Siswa MIM Wonorejo ikuti acara Hari Aksara Internasional dengan Sinau Bareng di Taman Pustaka Al Arqam, Wonorejo Tlogowungu, Sabtu 7 Sep 2024)

Kabarpatigo.com - TLOGOWUNGU - Dalam rangka memeriahkan Hari Aksara Internasional, Taman Pustaka Al Arqam Desa Wonorejo Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati mengadakan kegiatan “Sinau Bareng Aksara Jawa”.

Baca juga: Milad Ke-65, SMP Muhammadiyah 1 Pati Gelar Resepsi Milad

Sejumlah murid MI Muhammadiyah Wonorejo menulis aksara Jawa dengan bimbingan Asni Nurlaela yang merupakan alumni Permadani (Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia) Kabupaten Pati bregada 29 di Taman Pustaka Aisyiyah Al Arqam, Sabtu (7/9/2024).

Baca juga: Pentingnya Pengelolaan Sampah, Pemkab Terima Hibah TPA Senilai Rp 18,4 Miliar

Kegiatan yang diikuti murid MI Muhammadiyah Wonorejo tersebut guna memperkenalkan budaya Jawa terutama aksara jawa agar tetap lestari sekaligus memperingati Hari Aksara Internasional.

Baca juga: Infrastruktur dan Sektor Pertanian Menjadi Fokus Anggota DPRD Pati Asal Winong, Jaza Khaerul Sofyan

Kegiatannya meliputi murid diajak dan dibimbing mengenal aksara Jawa melalui alat peraga yang telah disiapkan.

Murid-murid duduk rapi di halaman Taman Pustaka Al Arqam. Mereka bersiap mengikuti kegiatan menulis Aksara Jawa.

Baca juga: Semarak Jajanan Tradisional Menambah Kemeriahan Peringatan Hari Aksara Tahun 2024 Pimpinan Cabang Aisyiyah Tlogowungu

Kegiatan diawali dengan ice breaking setelah itu para murid menulis Aksara Jawa di kertas karton. Para murid terlihat begitu semangat dan antusias dalam menulis aksara Jawa.

Birru, salah satu murid yang mengikuti kegiatan tersebut mengaku sangat senang dengan acara yang digelar.

“Saya merasa senang dengan kegiatan ini, walaupun saya merasa agak sulit dalam menuliskan aksara Jawa ini, tetapi saya tetap tertantang untuk menyelesaikannya," ujar Birru.

Sedangkan Raya menyampaikan kesannya. “saya merasa senang dan bangga bisa belajar aksara Jawa dan melestarikan budaya Jawa," ungkapnya.

Guru MI Muhammadiyah Wonorejo, Istiadzah, menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menambah rasa cinta terhadap budaya Jawa dan nguri-uri kebudayaan Jawa.

Penyelenggaraan kegiatan ini juga dalam rangka menguatkan rasa cinta para murid pada budaya Jawa dan menumbuhkan kreatifitas khususnya menulis aksara Jawa.

Kegiatan diakhiri dengan menempelkan tulisan ditusuk sate dengan harapan hasil tulisan aksara Jawa bisa menjadi hiasan meja belajar para murid untuk selalu diingat dan dilestarikan. (as)

Komentar