Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Kabupaten Pati Ikuti Perkaderan Baitul Arqam

(Foto: Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Kabupaten Pati saat ikuti perkaderan Baitul Arqam di Taman Sardi Dawe Kudus, Minggu 8 Sep 2024)

Kabarpatigo.com - KUDUS - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati melalui Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani (MPKSDI) menggelar acara perkaderan Baitul Arqam Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Kabupaten Pati.

Acara perkaderan Baitul Arqam dilaksanakan selama dua hari mulai Sabtu-Minggu 7-8 September 2024 di Taman Sardi Dawe Kudus dengan tema “Meneguhkan Ideologi Pimpinan Menuju Cabang Ranting Berkemajuan"

Baca juga: Bersama Siswa MIM Wonorejo, Taman Pustaka Al Arqam Adakan "Sinau Bareng Aksara Jawa"

Ketua PDM Pati Muhamamd Luqman, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Baitul Arqam ini merupakan amanah persyarikatan yang harus dilaksanakan oleh setiap pimpinan.

Baca juga: Semarak Jajanan Tradisional Menambah Kemeriahan Peringatan Hari Aksara Tahun 2024 Pimpinan Cabang Aisyiyah Tlogowungu

Baca juga: Sepanjang Pinggiran Sungai Juwana, Belasan Bangunan di Pati Rusak Akibat Tanah Bergerak

Pimpinan Cabang Muhammadiyah sebagai garda depan dalam menyampaikan dakwah Islam di akar rumput, harus mempunyai pemahaman al Islam dan Kemuhammadiyahan sesuai faham agama dalam Muhammadiyah

“PDM Pati memberikan apresiasi kepada MPKSDI yang telah menyelenggarakan dan mensukseskan kegiatan ini, semoga melalui kegiatan Baitul Arqam akan melahirkan para Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang terus berupaya menguatkan internalisasi ideologi untuk mewujudkan Cabang Ranting yang unggul dan berkemajuan," ungkap M. Luqman dalam sambutannya, Sabtu (7/9/24).

"Pemikiran-pemikiran formal Muhammadiyah yang bersifat ideologis secara keseluruhan dapat dimaksudkan untuk menjadi spirit dan landasan dan pedoman serta bingkai gerakan menuju pencapaian tujuan Muhammadiyah, yakni terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya," imbuhnya.

Diantara narasumber dalam Baitul Arqam, yakni Ketua LPCR PP Muhammadiyah M. Jamaludin Ahmad, Sekretaris MPKSDI PWM Jateng Zuhron Arofi, Ketua PDM Pati, Muhammad Luqman, Wakil Ketua MPKSDI Taufiq, Ketua MPKSDI Ahmad Syarif, Ketua Majlis Tarjih dan Tajdid Sukahar Ahmad Syafii, dan Khayun Fulanun.

Baca juga: Bersama Danramil Winong, HIPAKAD Pati Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan

Wakil Ketua MPKSDI PDM Pati, Taufiq, menyampaikan kegiatan Baitul Arqam dilaksanakan sebagai amanah Muktamar Muhammadiyah dan sebagai program perkaderan formal yang ada di persyarikatan Muhammadiyah.

Ahmad Syarif selaku ketua MPKSDI menjelaskan acara ini diikuti oleh 45 peserta yang terdiri dari PCM se Kab Pati.

Tujuan diadakannya Baitul Arqam ini untuk meneguhkan pemahaman tentang peran tauhid dalam kehidupan, Ideologi Muhammadiyah, Hierarki dan Tata Kelola Aturan dalam Muhammadiyah, Pemahaman Ibadah Menurut Tarjih Muhammadiyah, serta Memberikan pemahaman tentang konsep Gerakan Jamaah dakwah Jamaah dari Terori sampai aplikatif

Taufiq, selaku Master Of training dalam acara Baitul Arqam selalu memotivasi dan mengarahkan jalannya acara perkaderan, sehingga kegiatan perkaderan formal kali ini berjalan dengan sukses dan lancar. Penuh dengan tantangan yang menggugah semangat seluruh peserta Baitul Arqam PCM

Baitul Arqam dikemas dengan sangat meriah dan menarik, pasalnya dalam agenda tersebut ada Outbond yang dipandu langsung oleh Ramanda Khayun Fulanun.

Dalam permainan dan funGamenya menitik beratkan kepada problem solving dalam organisasi. Masalah dan Rintangan dalam berorganisasi akan selalu ada, diharapkan pimpinan persyarikatan di tinggat cabang dan ranting mampu melewati lika liku organisasi dengan saling memberikan solusi, ide gagasan yang konstruktif.

Baitul Arqam Muhammadiyah harus selalu menyenangkan dan menggembirakan. (as)

(Foto: acara Baitul Arqam Muhammadiyah Pati di Kudus)

Komentar