Gelar Operasi Zebra Candi 2024, Polresta Pati Sasar 7 Jenis Pelanggaran

(Foto: Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama mengecek kesiapan pasukan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2024 di halaman depan Mapolresta Pati, Senin 14 Okt 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - Polresta Pati melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2024 di halaman depan Mapolresta Pati, Senin (14/10/24) pagi.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama.

Selain itu juga dihadiri Dandim 0718 Pati diwakili Kasdim, Sekda Pati, Kadishub, Kasatpol PP Pati, Kasubdenpom IV/3-2 Pati, dan Kepala Jasa Raharja Pati.

Baca juga: Rapat Paripurna DPRD Jateng: Pengucapan Sumpah Pimpinan DPRD & Pembentukan Pimpinan Komisi

Baca juga: Dihadapan Pejabat Struktural dan Fungsional, Sekda Pati Tekankan Pentingnya Sosialisasi Netralitas ASN

Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama mengatakan, pada 14 hingga 27 Oktober 2024, dilaksanakan operasi terpusat dengan sandi Zebra Candi 2024.

Operasi Zebra Candi Polresta Pati ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas yang kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Pilkada 2024.

Baca juga: Nobar Timnas Melawan China, Sudewo Siap Kembangkan Sepak Bola Pati di Tingkat Nasional

Dia menjelaskan, 2024 merupakan tahun politik, dimana pada tahun ini akan dilaksanakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta pesta demokrasi Pilkada untuk menentukan pemimpin daerah yang akan datang.

Penyelenggaran tahapan Pilkada tentunya akan berimplikasi pada meningkatnya potensi kerawanan Kamtibmas serta kerawanan keselamatan dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) di lingkungan masyarakat,” jelas dia.

Baca juga: Pj Bupati Pati Tekankan Pentingnya Jaga Kerukunan Beragama di Kabupaten Pati

Adapun tema Operasi Zebra Candi 2024 ialah “Mendukung Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih serta Mengajak Masyarakat untuk Tertib Berlalu Lintas demi Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Aman dan Nyaman”.

“Operasi ini mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis, didukung penegakan hukum secara tilang manual dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” jelas dia.

Baca juga: Masuki Tahap Kampanye Pilkada, Kapolresta Pati: Setiap Wilayah Saya Nilai Rawan

Kombes Pol Andhika menambahkan, terdapat tujuh jenis pelanggaran yang menjadi prioritas dalam Operasi Zebra Candi 2024.

1. Kendaraan overload dan over dimensi.

2. Pengemudi atau pengendara yang masih di bawah umur.

3. Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang.

4. Pengendara sepeda motor yang tidak gunakan helm SNI.

5. Pengemudi atau pengendara yang gunakan knalpot brong.

6. Pengemudi atau pengendara yang melawan arus.

7. Pengemudi atau pengendara Ranmor balap liar.

Kami berharap Operasi Zebra Candi 2024 dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka fatalitas, dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” ungkap dia. (tribunjateng)

Komentar