Gelar Pemilihan Ketua IPM Tahun 2024, Siswa SMP Muhi Pati Belajar Berdemokrasi

(Foto: tiga bilik suara disiapkan panitia pemilihan ketua IPM SMP Muhammadiyah 1 Pati, Rabu 9 Okt 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - SMP Muhammadiyah 1 Pati melaksanakan pemilihan ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) bertempat di aula pada Rabu (9/10/24) sekitar pukul 09.00 WIB pagi.

Pemilihan ketua IPM yang berjalan lancar dan sukses didampingi langsung oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan atau pembina IPM.

Baca juga: Kumpul di Rembang, KOKAM se-Eks Karesidenan Pati Gelar Training of Trainer

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang merupakan gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi mungkar di kalangan pelajar, yang bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Sunnah.

Acara pemilihan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi maupun guru dan Staf SMP Muhammadiyah 1 Pati.

Baca juga: Refleksi Milad Muhammadiyah ke 112 dari Sukolilo Pati

Layaknya Pemilihan Umum (Pemilu), Dalam hal ini bertujuan sebagai sarana pembelajaran siswa-siswi agar mereka mengetahui bagaimana proses pemilu yang Demokrasi, jujur dan adil.

"Pemilihan ketua IPM ini sebagai pembelajaran siswa dalam berdemokrasi yakni bagaimana cara memilih pemimpin yang baik secara demokratis dan juga menerima hasil pemilihan juga secara demokratis," ujar Alif Amari salah satu staf guru SMP Muhammadiyah 1 Pati.

Pemilihan pada tahun ini diikuti oleh tiga kandidat, diantaranya Farid Izza Annabil, Dihya Laitsur Rohman, dan Bintang Pramudya Fahriza Putra. Ketiga kandidat tersebut dipilih oleh warga SMP Muhammadiyah 1 Pati untuk menakhodai IPM satu tahun kedepan.

Sebelumnya, ketiga kandidat ketua IPM tersebut menyampaikan moto sekaligus visi dan misinya yang akan mereka bawa selama kepemimpinan di hadapan seluruh siswa-siswi pada saat setelah selesai tadarus Al-Qur’an di mushola SMP Muhammadiyah 1 Pati.

Dari penghitungan hasil pemilihan, diketahui Dihya Laitsur Rohman terpilih sebagai ketua IPM SMP Muhammadiyah 1 Pati periode 2024-2025. (aa)

(Foto: SMP Muhammadiyah 1 Pati gelar pemilihan ketua IPM)

Komentar