Kumpul di Rembang, KOKAM se-Eks Karesidenan Pati Gelar Training of Trainer

(Foto: KOKAM se Eks Karesidenan Pati kumpul di Rembang, Sabtu 12 Okt 2024)

Kabarpatigo.com - REMBANG - KOKAM se-Eks Karesidenan Pati Raya menggelar Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainer/TOT) yang diadakan di SMK Muhammadiyah Rembang selama duha hari, Sabtu hingga Minggu (5-6/10/24).

Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari enam daerah, yakni Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan.

Wakil Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Rembang, Wildan, membuka acara secara resmi. Beliau menyampaikan harapan agar kegiatan Rakor Karesidenan dan TOT ini dapat memberikan manfaat bagi para anggota KOKAM di masing-masing daerah.

Semoga Rakor Kares dan TOT ini bisa bermanfaat untuk KOKAM di Marda masing-masing,” ujar Wildan.

Baca juga: Masuki Tahap Kampanye Pilkada, Kapolresta Pati: Setiap Wilayah Saya Nilai Rawan

Pelatihan ini melibatkan dua instruktur berpengalaman, Didik Kusnanto Sekretaris BPO KOKAM PP Pemuda Muhammadiyah dan Burhanudin dari Nganjuk, Jawa Timur yang merupakan anggota Propam PWPM Jawa Timur.

Mereka berharap ilmu yang disampaikan selama pelatihan dapat digunakan dengan baik oleh para peserta dalam mendukung pergerakan KOKAM di daerah masing-masing.

Budiono, Komandan KOKAM Karesidenan Pati, menjelaskan bahwa ide untuk mengadakan TOT ini berawal dari obrolan santai ketika terjadi serah terima jabatan (Sertijab) komandan Karesidenan Pati dari Sutris dari Kudus kepadanya.

“Acara ini berawal dari guyonan saat Sertijab komandan Kares dari Sutris kepada saya, Budiono dari Jepara. Guyonan itu disambut baik oleh komandan kares dan segera dieksekusi bersamaan dengan jadwal Rakor KOKAM Karesidenan yang diadakan setiap tiga bulan sekali,” jelas Budiono.

Baca juga: Gelar Pemilihan Ketua IPM Tahun 2024, Siswa SMP Muhi Pati Belajar Berdemokrasi

TOT ini merupakan pelatihan perdana di Karesidenan Pati Raya, atau yang dikenal dengan sebutan “plat K”, dan diharapkan dapat menjadi model pelatihan secara nasional.

Hal ini menunjukkan komitmen KOKAM Karesidenan Pati untuk terus berkembang dan memperkuat kapasitas para pelatihnya.

Budiono mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran acara tersebut. Ia juga menyampaikan kabar baik terkait bergabungnya Marda Grobogan ke dalam Karesidenan Pati Raya.

“Kami bersyukur kegiatan ini berjalan lancar, dan kabar baiknya adalah bergabungnya Marda Grobogan ke dalam Karesidenan Pati Raya. Semoga dengan masuknya Grobogan, semangat kami dalam ber-KOKAM semakin meningkat. Terima kasih juga kepada PDM Rembang atas dukungannya,” ujar Budiono.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada para instruktur dan pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya acara ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Seknas dan seluruh pihak yang telah berkontribusi. Selamat bergabung kepada Marda Grobogan,” tutup Budiono.

Diwawancari secara terpisah, Wakil Sekretaris PWPM Jawa Tengah Muhammad Taufiq Ulinuha, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Rakor dan TOT ini.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi medium untuk bersilaturahim, belajar bersama, dan menguatkan ukhuwah.

“KOKAM di Eks-Karesidenan lainnya juga perlu mencontoh kegiatan Rakor dan TOT ini. Sebab kegiatan positif ini dapat menjadi wadah untuk bertukar pikiran, ilmu, dan pengalaman. Lebih-lebih jika terdapat sesi materi sebagai refresh kapasitas Anggota KOKAM di wilayah tersebut,” kata Ulinuha melalui pesan Whatsapp. (pwmjateng)

Komentar