LKSA Muhammadiyah Pati Terima Kunjungan MPKS PP Muhammadiyah, Ini Hasilnya!

(Foto: Kunjungan Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) PP Muhammadiyah ke LKSA Muhammadiyah dan Áisyiyah Pati, Jawa Tengah)

Kabarpatigo.com - PATI - LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak)  di bawah naungan Muhammadiyah mendapatkan bantuan hibah dari Kementerian Sosial untuk program usaha ekonomi mandiri dan produktif.

Hal ini bertujuan agar program tepat sasaran dan pembelanjaan sesuai dengan yang terusulkan.

Maka, Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial  (MPKS) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) pada Minggu-Senin, (29-30/9/24).

Baca juga: Penanganan Kasus Pembunuhan Sukolilo Belum Ada Perkembangan, Keluarga Korban Minta Pendampingan Hukum

Wakil Bendahara MPKS PP Muhammadiyah M. Arif An, melakukan kunjungan Monev di LKSA Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Baca juga: Untuk Menarik Kunjungan, Alun-Alun Kembang Joyo Pati Ditata Ulang

Yang menarik, kunjungan Wakil Bendahara MPKS PPM ke Pati ini menemui suami istri yang peduli dengan LKSA.

Keduanya saling dukung untuk mengembangkan LKSA. Yaitu Jaka Muraprianta yang akrab dengan sapaan Pak Apri serta istrinya, Sri Endah Rida Iriyantina atau Bu Rida.

“Anak kami ada 3 sudah besar-besar sekarang merawat anak orang lain dengan hati dan tulus di LKSA. Saya di LKSA Putra Muhammadiyah jadi Ketua dan istri saya Ketua Panti ‘Aisyiyah Putri” kisah Apri, Ketua LKSA Putra Muhammadiyah.

Baca juga: Membangun Kemandirian dan Keimanan, Lazismu Pati Adakan Pengajian Bersama Penyandang Difabel

“Kalau di LKSA kami sedang merintis usaha kebutuhan warga beras, minyak goreng dan lain-lain, dengan bantuan Kemensos yang diperjuangkan MPKS PP ini sangat berarti sekali. Dan kami ucapkan terima kasih semoga menjadi ladang amal," ujarnya yang juga Ketua Takmir Masjid ini.

(Foto: Hari Batik Nasional)

Perjuangan pasangan suami istri ini luar biasa, LKSA- panti yang dibangun sekarang berdiri megah di Jalan Diponegoro dan Jalan KH Ahmad Dahlan, di tengah-tengah kota Pati.

Bangunan baru yang selesai terbangun dengan menelan biaya sekitar Rp 7 Miliar ini menjadikan bukti keberadaannya dalam berkonstribusi sangat besar.

“Kami sangat berterima kasih kepada MPKS PPM yang memberikan akses bantuan usaha produktif mandiri di Kemensos, bantuan yang kami terima sudah kami belanjakan sesuai dengan RAB, kami juga berharap agar tetap mendampingi kami, agar usaha yang kami jalankan ini sukses, tambah Sri Endah.

Selain LKS Anak, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) ini mempunyai Griya Lansia yang layanannya terkhususkan pada kesejahteraan orang lanjut usia.

“Peran Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dalam mewujudkan kesejahteraan sosial lewat Amal Usaha Sosial di Kabupaten Pati luar biasa, sekarang fokus ke kemandirian panti dan usaha produktif,” tutur Arif.

“Di antaranya kalau bisa LKS memproduksi Tepung, karena di Pati ini pusatnya produksi tepung. Sehingga tepung produk dari LKSA Pati dipasarkan ke seluruh AUM Se-Indonesia, (dan) produk unggulan yang menjadikan LKS mandiri tidak bergantung pada donatur saja, tutup Arif yang juga Ketua Rumah Sakinah saat memberikan masukan kepada Pengurus. (pwmu.co)

Komentar

  1. Alhamdulillah. Terimakasih sekali kepada bp M Rifan An, yang sudah berkenan hadir dalam rangka Monev & penguatan atas keberadaan LKSA baik Muhammadiyah maupun Aisyiyah yang kedepan dituntut kemandiriannya untuk pemenuhan kebutuhan anak maupun operasionalnya tidak hanya mengandalkan donasi dari para dermawan. Jazakumullah khairan katsiran bp M RifanAn.

    BalasHapus

Posting Komentar