Sedekah dengan Rongsokan, Masjid di Pati Juara II sebagai Masjid Ramah Lingkungan Tahun 2024

(Foto: Masjid Jami' Al Ilham Desa Bakalan Dukuhseti Pati)

Kabarpatigo.com - SOLO - Mempunyai tagline “Memakmurkan Masjid dengan Rongsokan”, Masjid Jami’ Al-Ilham Kabupaten Pati meraih Juara II Kategori Masjid Ramah Lingkungan dalam ajang Anugerah Masjid Agung Percontohan dan Ramah (AMPeRa) tahun 2024.

Baca juga: Santunan Kematian Tahap III Diserahkan Pj Bupati Pati

Malam penganugerahan ajang Anugerah Masjid Agung Percontohan dan Ramah ini di selenggarakan di Hotel Swiss-Belhotel Solo, Selasa (1/10/24).

Bertempat di Desa Bakalan Kecamatan Dukuhseti, Masjid Jami’ Al-Ilham ini mengunggulkan kebersihan di lingkungan Masjid.

Baca juga: Diduga Pelanggaran Pilkada, Lima Kades di Pati Diperiksa Bawaslu

Baca juga: Refleksi Milad Muhammadiyah ke 112 dari Sukolilo Pati

Baca juga: Hujan Mulai Turun, Daerah terdampak Kekeringan di Kabupaten Pati Mulai Berkurang

Selain itu, takmir juga mengajak masyarakat muslim di sekitar untuk bersedekah dengan rongsokan yang sudah tidak berguna di rumah.

Baca juga: Bulog Kantor Cabang Pati Pastikan Stok Beras Aman Hingga 3 Bulan Mendatang

Pihak Masjid Jami’ Al-Ilham akan mengelolanya kemudian hasilnya untuk kegiatan yang memakmurkan Masjid.

Masjid Jami’ Al-Ilham memiliki program unggulan program pengolahan kulit kerang sebagai pakan ternak dan pengolahan limbah kulit kerang menjadi tepung makanan unggas.

Domisili Masjid yang berada di pesisir, awalnya kulit kerang menjadi sampah masyarakat yang sulit terurai dan semakin lama semakin menumpuk, Masjid memiliki solusi untuk dijadikan pakan ternak.

Dalam malam penganugerahan itu, rombongan pengurus Masjid Jami’ Al-Ilham berangkat dari Pati bersama dengan seluruh pengurus Masjid dan pengurus Program Unggulan BPRMI (Badan Pengelola Rongsokan Masjid Al-Ilham).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin.

“Saya mewakili semua pengurus, sangat bersyukur dan berterima kasih atas kerja sama antar pengurus Masjid Al-Ilham sehingga mendapatkan Juara II. Semoga Masjid Jami’ Al-Ilham ini semakin maju dan bisa menjadi masjid percontohan ramah lingkungan untuk masjid-masjid yang lain. Tentunya kiita ingin menebar kebaikan lewat Masjid,” ucap Umar Farouq inisiator BPRMI. (red)

Komentar